Perkembangan Identitas - Analisis Film Gridiron Gang

Minggu, 05 Desember 2010
Menurut James Marcia, status identitas pada remaja ada empat, yaitu identitas diffusion, identitas foreclosure, identitas moratorium, dan identitas achievement.

Status identitas diffusion diperoleh remaja apabila remaja tersebut belum pernah mengalami krisis sehingga belum membuat komitmen. Status identitas foreclosure adalah status identitas untuk remaja yang walaupun belum pernah mengalami krisis, tetapi ia sudah mampu membuat komitmen. Sedangkan Identitas moratorium, adalah dimana seorang remaja sedang berada dalam krisis, tetapi belum membuat komitmen. Dan untuk remaja yang telah mengalami krisis dan telah membuat komitmen, ia memiliki status identitas achievement.

Krisis yang dialami remaja dalam hal ini adalah suatu masa perkembangan identitas dimana remaja memilah-milah alternatif-alternatif yang berarti dan tersedia. sedangkan komitmen adalah suatu bagian dari perkembangan identitas dimana remaja menunjukkan adanya suatu ivestasi pribadi pada apa yang akan mereka lakukan

Pada film Gridiron Gang, Willie Weathers mengalami masa-masa dalam perkembangan identitas remaja. Karena peers dan lingkungan yang identik dengan gang, iapun memutuskan untuk bergabung didalamnya. Ia masuk dalam kehidupan gang yang keras dan berbahaya. Namun pada suatu hari ia mengalami krisis yaitu saat adiknya terbunuh ketika sedang berkelahi dengan anggota gang lainnya.

Karena hal tersebut dan karena masalah yang dihadapi keluarganya, ia menembak mati teman pria ibunya yang sering berbuat kasar pada keluarganya. karena hal ini, ia masuk ke penjara anak-anak.

Dipenjara tersebut ia bertemu dengan orang-orang baru, hal-hal baru dan banyak krisis. Krisis-krisis tersebut membuat Willie mengambil keputusan untuk membuat komitmen dalam bidang football amerika. Willie tidak lagi bergabung dalam gang dan memutuskan untuk berkarir di dunia olahraga football amerika. sehingga dapat dikatakan bahwa Willie Weathers memiliki status identitas achievement.



Orang tua Willie menjadi salah satu krisis dalam perkembangan identitasnya. Saat menjadi anggota gang, ibunya cenderung membiarkannya. tetapi setelah Willie menembak mati teman pria ibunya didepan adiknya, ibunya memilih untuk meninggalkan willie dan tinggal jauh darinya. tidak adanya peran ayah juga sangat mempengaruhi perkembangan identitas Willie sehingga ia mengalami banyak krisis. tetapi setelah bertemu dengan Sean, pengurus penjara anak-anak dan sekaligus pelatihnya dalam olahraga football amerika, willie mulai mendapatkan pencerahan dalam perkembangan identitasnya dan mendorongnya sehingga Willie memiliki status identitas achievement.

9 komentar:

  1. Analisis yang cukup ringkas tapi mengena.Good job!

  1. Desy mengatakan...:

    postingan yang bagus kawan
    salam kenal n sekalian izin follow ya

  1. Imtikhan mengatakan...:

    berkunjung salam kenal sekalian izin follow ya
    terima kasih

  1. All In One mengatakan...:

    artikel yang bagus

  1. Science Box mengatakan...:

    wah, seru jg ya...
    emang sih, terkadang semua hal itu tergantung dari keadaan di rumah, dimana peran serta ibu dan ayah itu sangat penting dalam membangun sdentitas anaknya.

  1. Nanang mengatakan...:

    Salam kenal.

    Sudah saya follow mohon di follow back. Sekalian "Like".

    Terima kasih.

  1. tomo mengatakan...:

    kunjungan balasan

  1. hendri mengatakan...:

    ini bagaikan cerita sengsara membawa nikmat..
    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal ekonomi andalas

  1. Assalamu'alaikum
    saya mohon ijin mampir blognya yaa...ya sekalian cari teman..semakin banyak teman semakin bisa silaturrahim lewat blog sesering mungkin...
    SONHAJI
    www.penguraswctanpasedot.wordpress.com

Poskan Komentar