Anak dan Media: Mickey Mouse Club House vs Ben 10

Jumat, 11 Juni 2010

Saat ini banyak sekali hiburan-hiburan yang dipersembahkan oleh media untuk sarana bermain dan belajar bagi anak-anak. Mickey Mouse Club House dan Ben 10 adalah salah satu persembahan media untuk anak-anak.

Mickey Mouse Club House adalah hiburan anak yang berupa film yang full kartun. Mickey Mouse Club House adalah tontonan anak yang dikhususkan untuk anak-anak usia pra sekolah. Mickey tidak sendiri saja untuk menemani anak-anak bermain, tetapi ia juga bersama teman-temannya, yaitu Minnie, Donald si bebek, Putri Daisy, Goovy, dan si anjing Pluto.

Banyak hal bermanfaat yang bisa didapatkan anak dari film Mickey Mouse ini. Anak akan diajak untuk bermain, bernyanyi dan belajar bersama Mickey dan kawan-kawan. Dalam film ini, anak akan diajak untuk belajar benyak hal, misalnya berhitung, mengenal warna, mengenal bentuk, mengetahui ukuran, mengenal angka, mengenal arah, mengetahui benda yang cocok untuk melakukan suatu kegiatan, dan lain sebagainya.

Anak juga akan diajari pentingnya membantu teman dan orang lain. Selain itu, anak juga akan ditunjukkan bahwa apabila kita melakukan hal-hal yang tidak baik, maka kita kan mendapatkan balasan yang buruk.

Dengan film Mickey Mouse Club House ini, diharapka anak bisa mendapatkan masa-masa yang menyenangkan dalam masa kanak-kanaknya. Namun ada yang kurang dalam film ini, yaitu bahasa yang digunakan. Film ini menggunakan Bahasa Inggris. Walaupun terdapat teks berbahasa Indonesia, anak-anak usia prasekolah akan sulit mengerti. Oleh karena itu, orang tua perlu menemani anak ketika menontonnya.

Seperti Film Mickey Mouse Club House, Ben 10 juga merupakan salah satu hiburan untuk anak-anak. Karena berupa komik, Ben 10 lebih dikhususkan untuk anak-anak usia sekolah dasar. Mayoritas yang menyukai Ben 10 adalah anak laki-laki. Komik Ben 10 dikemas sangat menarik. Tidak hanya berwarna, tetapi komik Ben 10 juga menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.

Ben 10 bercerita tentang seorang anak bernama Ben yang memiliki kekuatan dan mampu berubah menjadi sepuluh monster. Ben bertugas untuk membela kebenaran dan menumpas monster-monster jahat. Ben tidak berpetualang sendiri tetapi ia juga ditemani oleh kakek dan sepupunya, Gwen.

Dengan komik Ben 10, anak diajak untuk selalu berbuat baik dan menolong orang lain. Anak juga diajak untuk selalu membela kebenaran. Tetapi, pengawasan dan bimbingan orang tua juga diperlukan ketika anak mengkonsumsi komik Ben 10. Hal ini desebabkan karena komik Ben 10 mengandung kekerasan yang akan berakibat buruk apabila anak sampai menirunya.

Daripada Ben 10, Mickey Mouse Club House lebih disarankan untuk dikonsumsi anak karena lebih aman. Hal ini bisa ditilik dari ketidakadanya kekerasan yang ditonjolkan di dalam film-film Mickey Mouse Club House.

6 komentar:

  1. Shin_kizuna mengatakan...:

    yatta XD
    tugas ini dah selesai ^^

    btw crita mickey n ben 10 mu kug lbh baguz dr punyaQ =_=a

  1. Teorinya yang mendukung mana, jeng? :)

  1. dayat mengatakan...:

    hebaaaat, bagus banget

  1. Soezack mengatakan...:

    semoga saja hiburan tersebut tetap membawa banyak nilai edukasi buat anak-anak ..nice share gan :)

  1. hendri mengatakan...:

    ben 10 is the favorite film to me..
    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal ekonomi andalas

  1. eka sari mengatakan...:

    Lg liat gambar Mickey,sekalian mampir d blog Mickey ini.Bagus mba, anakku suka dengan Mickey mouse..salam kenal...

Posting Komentar