Anak dan Sekolah

Jumat, 11 Juni 2010

Sekolah adalah tempat dimana anak menjalankan pendidikannya. Dalam dunia pendidikan, terdapat beberapa fenomena. Fenomena pendidikan yang dalam sekolah adalah dimana terkadang instruksi yang diberikan pada anak kurang jelas dan tidak sesuai dengan karakteristik si anak. Sedangkan pendidikan dalam rumah memberikan situasi yang kurang kondusif untuk belajar dan mengembangkan kemampuannya. Hal ini disebabkan karena dirumah tidak ada model dalam belajar. Fenomena pendidikan yang terjadi dalam masyarakat adalah dimana anak-anak dengan sosial ekonomi bawah terlalu banyak menghabiskan waktu mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga ketika di kelas, mereka sudah kehabisan tenaga dan tidak konsentrasi terhadap pelajaran.

Pendidikan untuk anak-anak prasekolah memiliki banyak sekali macam. Diantaranya seperti Day Care, PAUD dan Taman Kanak-kanak. Anak-anak prasekolah adalah anak-anak usia 3-5 tahun.

Tes untuk mengukur pengetahuan pada anak-anak prasekolah adalah tes Boehm-Preschool yaitu tentang 26 konsep relasional yang mengacu pada karakteristik dari orang dan objek, seperti ukuran, arah, posisi dalam ruang, jumlah dan waktu. Tes ini berguna untuk mengukur apakah anak mampu mengikuti perintah guru, apakah anak mampu memahami instruksi dan apakah anak mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.

Salah satu sarana pendidikan bagi anak-anak prasekolah adalah Day Care. Day Care adalah salah satu bentuk usaha kesejahteraan anak bagi yang orang tuanya tidak berkesempatan menyelenggarakan usaha kesejahteraan anak pada waktu mereka bekerja. Day Care juga menyediakan sarana bagi anak untuk mendapatkan pendidikan prasekolah bagi anak yang berusia 3 tahun hingga ia memasuki pendidikan dasar.

Day care memiliki 3 tipe. Yang pertama Day care di dalam rumah, dimana yang mengasuh adalah kerabat dari keluarga. Yang kedua adalah Family Day Care, dimana Caregiver menyediakan jasa mengasuh anak di rumah mereka. Dan yang ketiga adalah Day Care Center, dimana anak di asuh dalam kondisi seperti sekolah. Day Care center memiliki beberapa jenis, antara lain Private Day Care, Commercial Centers, Church Communities, Office Centers, Public Centers dan Research Centers.

Sarana lain dalam pendidikan anak prasekolah adalah PAUD. PAUD ditujukan untuk mempersiapkan anak sedini mungkin agar kelak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut. Bermain adalah metode yang dianggap tepat untuk sistem pengajaran dalam PAUD. Sehingga diharapkan dengan bermain anak mendapatkan masukan dan menambag pengetahuan anak.

Dalam PAUD terdapat tiga prinsip penting dalam melaksanakan metode pembelajaran. Prinsip pertama yaitu harus memperhatikan segala pembiasaan dan pengetahuan daar yang dibutuhkan anak sesuai dengan perkembangannya. Prinsip kedua adalah lingkungan pembelajaran harus sama dengan keadaan dan lingkungan anak dirumah. Dan prinsip yang ketiga yaitu peran guru adalah sebagai fasilitator yang mengikuti kebutuhan anak.

Setelah anak selesai dengan pendidikan PAUD, maka anak akan melanjutkan ke Taman Kanak-kanak. Taman Kanak-kanak merupakan transisi dari kehidupan keluarga ke kehidupan sekolah formal. Dimana di dalam menempuh Taman Kanak-kanak terdapat 2 tingkat, TK A dan TK B. Tingkatan ini berdasarkan umur.

Dalam menempuh masa pendidikan Taman Kanak-kanak, anak diharapkan sampai pada 3 tujuan, yaitu anak merasa bahagia selama masa kanak-kanak, potensi anak berkembang dan nantinya anak bisa berkembang menjadi individu yang bahagia dan bermanfaat.

3 komentar:

  1. Shin_kizuna mengatakan...:

    sip, ,
    kmrn q jg ru liat reklame Paud di gempol.
    hmm, , ternyata memang ada, ,

  1. Model Seksi mengatakan...:

    Emm Jadi pengen Sekollah lagi..:)

  1. Yanis,madiun... mengatakan...:

    Ayo...Semangat tuk bina generasi ms depan. Harapan bs jd negara gemah ripah lohjinawi..

Posting Komentar