Perkembangan Bahasa - Lev Vygotsky

Selasa, 08 Juni 2010
Kita sebagai manusia, tidak pernah lepas dari bahasa. Setiap saat, setiap hari, setiap jam, bahkan sampai setiap detik, kita tidak pernah lepas dari bahasa. Karena bahasa adalah alat utama dalam komunikasi, baik dengan orang lain, maupun dengan diri sendiri. Oleh karenanya, mempelajari perkembangan bahasa sangatlah penting.

Nah, menurut Lev Vygotsky, perkembangan bahasa sangatlah penting dalam perkembangan kognitif anak. Berbeda sekali dengan pendapat Piaget yang mengatakan bahwa bahasa baru muncul ketika anak sudah mencapai tahap perkembangan yang sudah lebih maju. Sehingga menurut Piaget, perkembangan kognitif mempengaruhi perkembangan bahasa anak.

Private speech, menurut Vygotsky adalah salah satu cara yang dapat membantu perkembangan bahasa anak untuk. Private speech adalah komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. Biasanya private speech ini dilakukan dengan 2 cara, secara internal yaitu berbicara dalam hati dan tanpa bersuara, atau secara eksternal yaitu berbicara dengan suara. Private speech juga merupakan salah satu bentuk penggunaan bahasa yang bertujuan untuk mengembangkan anak menjadi pribadi yang mandiri.

Private speech yang dikemukakan oleh Vygotsky ini memiliki banyak sekali kegunaan. Seorang anak yang sering menggunakan private speech dalam perkembangan bahasanya, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih pandai berkomunikasi dan berinteraksi secara social dibandingkan dengan anak yang sedikit bahkan tidak pernah menggunakan private speech. Sehingga bisa dikatakan bahwa private speech merupakan transisi awal untk menjadi seseorang yang komunikatif secara social. Selain itu, ternyata private speech juga memiliki peran dalam bagaimana harus menata perilaku. Private speech juga mampu membantu anak dalam membentuk pribadi yang penuh perhatian serta memiliki kinerja yang bagus.

Private speech juga mampu digunakan sebagai alat dalam menyelesaikan suatu masalah. Hal ini tampak pada anak dalam tahap kognitif pra-operasional, dimana ketika anak yang berusaha memikirkan penyelesaian masalah yang dihadapinya dengan menggunakan suara keras. Namun, ketika anak telah memasuki tahap operasional konkrit, private speech tidak terdengar lagi.

1 komentar:

  1. Shin_kizuna mengatakan...:

    aq pnya temen usia 20 th tp tetep ngelakuin private speech external.
    da cra menanggulanginyah g??

Posting Komentar