Identitas Diri

Selasa, 08 Juni 2010

Identitas diri adalah komponen yang membentuk konsep tentang diri pada individu. Sedangkan yang dimaksud dengan konsep diri adalah semua hal yang berkaitan dengan pemikiran, keyakinan, dan kepercayaan yang merupakan pengetahuan individu tentang dirinya, yang juga akan mempengaruhi hubungan individu dengan orang lain.

Pembentukan identtitas diri ini, dimulai pada masa bayi dan akan terus berlangsung sepanjang masa kehidupan. Walaupun demikian, identitas diri akan dipermasalahkan ketika anak telah memasuki masa remaja. Karena identitas diri termasuk salah satu tugas perkembangan masa remaja.

Eric Erikson adalah salah satu tokoh yang membahas tentang tahap perkembangan identitas diri pada remaja. Dalam teori tahap perkembangan yang dikemukakan oleh Erikson, terdapat tahap identity vs identity confusion, yakni tahap perkembangan kelima.

Pada tahap identity vs identity confusion, remaja akan berusaha mencari, mencermati dan memutuskan siapa dirinya, bagaimanakah dirinya, serta akan kemana mereka. Remaja akan menyadari arti penting bertanggung jawab terhadap diri mereka dan kehidupan mereka nantinya. Sehingga ia akan mulai menentukan, kehidupan dan jalan seperti apa yang akan mereka tempuh.

Status identitas individu ditentukan oleh peran krisis yang mereka alami dan bagaimana mereka berkomitmen. James Marcia membagi status identitas menjadi 4, yaitu antara lain, identity diffusion yaitu ketika individu belum mengalami krisis dan juga belum berkomitmen, identity foreclosure yaitu ketika individu sudah berkomitmen namun belum mengalami krisis, identity moratorium yaitu ketika individu sudah mengalami krisis dalam hidupnya namun belum berkomitmen, dan yang keempat adalah identity achievement yaitu dimana individu telah mengalami krisis dan sudah berkomitmen.

3 komentar:

  1. Shin_kizuna mengatakan...:

    sip sip sip
    btw perkembangan identitasnya erick erickson tu, cma identity vs identity confusion ta??

  1. Unknown mengatakan...:

    Wah! Thanks bgt buat infonya! Berguna bgt

  1. Anonim mengatakan...:

    Sip lah

Posting Komentar